AyankMams

AyankMams

Minggu, 04 Juli 2010

Menunggu Kumandang “Indonesia Raya” di Piala Dunia


Ada dua peristiwa dimana lagu kebangsaan sebuah negara dinyanyikan di negara lain, pertama ketika para pejabat melaksanakan kunjungan ke negara lain, atau menjadi tamu kehormatan suatu negara. Kedua adalah saat dimana seorang atlit meraih prestasi di sebuah event Internasional. Sebuah kebanggan tersendiri tentunya, ketika lagu kebangsaan sebuah negara dinyanyikan di negara lain, hal ini menandakan bahwa negara tersebut diakui dan berdaulat.
Dalam sebuah pertandingan sepakbola resmi antar negara, entah itu kompetisi ataupun hanya sebatas persahabatan, ritual menyanyikan national anthem (lagu kebangsaan) menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam sebuah pertandingan, tak terkecuali piala dunia. Seandainya saja Indonesia bisa tampil di Afrika, mungkin kita bisa mendengarkan lagu ciptaan WR Supratman tersebut berkumandang. Sayang, impian itu belum juga tercapai karena pada penyelenggaraan piala dunia kali ini, timnas kita kembali harus menjadi penonton, setelah gagal melewati fase kualifikasi.
Kapan Indonesia masuk piala dunia?. Sebuah pertanyaan yang sampai saat ini masih belum bisa terjawab oleh insan sepakbola di tanah air, baik itu PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) selaku institusi yang berwenang, maupun pemain timnas (tim nasional) kita. Sejak gelaran pertama piala dunia yang diselenggarakan di Uruguay tahun 1930, Indonesia belum pernah mengikuti piala dunia.
Memang, tahun 1938 Indonesia sempat menjadi kontestan piala dunia untuk pertama kalinya, namun waktu itu masih dibawah bendera Hindia-Belanda. Secara de facto, Indonesia memang ambil bagian dalam piala dunia 1938, namun dari sisi de jure, negara kita bisa dikatakan belum berpartisipasi karena masih “numpang” atas nama Hindia-Belanda.
Masyarakat kita tentunya sangat menantikan timnas Indonesia berlaga di ajang sepakbola terbesar sejagat tersebut dengan membawa bendera merah putih. Kita pastinya akan bangga, ketika kapten kesebelasan timnas bertukar cideramata (bendera) dengan tim sepakbola lawan, serta melihat para pemain timnas menyanyikan lagu Indonesia Raya di piala dunia. Bravo Sepakbola Indonesia!=MAM

0 komentar:

Posting Komentar